Islam Artinya Apa ?

Islam artinya apa ? islam artinya selamat. Berasal dari kata Salima yang diambil dari bahasa Arab. Islam satu-satunya jalan menuju Surga jika anda ingin ke Surga maka peluklah Islam. Dan satu-satunya jalan menghindari Neraka, jika anda takut pada Neraka maka masuklah ke dalam Islam. Anda boleh menantang, boleh bilang “Anda (penulis) salah!” silahkan, anda juga boleh bilang “Semua agama sama saja, sama-sama mengajarkan kebenaran” silahkan. Anda boleh bilang apa saja, tapi saya katakan itu tidak berarti apa-apa.

Islam artinya tetap selamat dan tetap menjadi satu-satu nya agama menuju Surga. Sejujurnya tulisan saya ini pun tidak berarti apa-apa, karena saya tidak menulispun atau saya menulis bahwa Islam bukan ajaran yang benar pun Islam artinya tetap Selamat. Jadi Islam yang berarti selamat sifatnya sudah (baca juga : wudhu yang benar dan sesuai sunnah) permanent, sejak nabi Adam di turunkan dari syurga sampai penganut agama Islam kelak naik ke Surga pengertian Islam takkan berubah yakni tetap selamat. Maka jika anda ingin selamat peluklah Islam atau jika anda takut tidak selamat masuklah ke dalam Islam. Ini adalah ajakan yang tulus, ajakan dari saudara sesama manusia.

Mari sama-sama menuju jalan selamat dengan memeluk Islam.

Oh ya sebelumnya saya mohon maaf kepada para pembaca, maksud saya menulis artikel berjudul Islam Artinya Apa ?  bukanlah ingin membahas pengertian Islam secara mendalam sama sekali bukan. Tapi artikel tentang Islam ini hanya membahas Arti Islam dalam bentuk sesederhana mungkin. Bahwa Islam artinya selamat titik.

Islam artinya apa ?
Islam artinya apa ?

Artikel ini ditujukan kepada pembaca yang

  1. Bukan Muslim atau yang belum memeluk agama Islam dan –
  2. Orang yang memang sejak lahir sudah beragama Islam tapi tidak mengamalkannya atau tidak berprilaku selayaknya seorang Muslim.

Kepada Muslimin, Muslimat, Mukminin, Mukminat, saya ucapkan selamat, sungguh anugrah yang tak terkira menjadi orang seperti kalian. Do’a kan lah kami agar diberikan hidayah menuju jalan yang benar yaitu jalan Islam.

  1. Bukan Muslim atau orang yang belum memeluk agama Islam (Islam artinya apa ?)

Ada satu hal yang baru akhir-akhir ini saya ketahui dan saya yakini yaitu bahwa tidak satupun manusia di dunia ini yang tidak pernah mendengar kata Islam di telinganya. Salah satu bentuk keadilan Tuhan. Adil artinya tidak pandang bulu, karena memang semua manusia yang hidup didunia ini adalah hambanya. Allah menyayangi hambanya tanpa kecuali. Dengan cara-Nya sendiri ia menyerukan umat manusia dari timur sampai ke barat agar menyembahnya dengan memeluk agama Islam, agama yang diwariskan oleh utusannya, agama yang berpindah dari satu nabi ke nabi lainnya. Tapi kebanyakan dari kita tidak mengikuti-Nya.

Kafir

Sebagian dari kita tidak mendengarkan seruan-Nya. Orang yang belum memeluk agama Islam ini Allah sebut Kafir. Kafir artinya mengingkari. Dari kata Kafir ini saya memiliki keyakinan bahwa orang yang belum memeluk agama Islam memang sudah mendapat seruan dari Allah dengan cara-Nya sendiri, karena tidak mungkin disebut Kafir atau mengingkari jika belum ada ajakan atau seruan atau perintah. Nah saudaraku, maka dengarkanlah ajakan saudaramu ini. Mungkin ini cara Allah untuk mengajakmu kejalan yang ia kehendaki sebagai bentuk kasih sayang-Nya kepada kita. Janganlah engkau menjadi Kafir, jangan engkau ingkari hati kecilmu. Ikutilah ajakanku, ajakan seseorang yang tidak menginginkan satu keuntungan dari ajakannya.

Kita tidak perlu membahas terlalu jauh, apalagi berdebat panjang lebar tentang ini dan itu. Tugas saya hanyalah mengajak. Bukan kewajiban saya untuk menjadikan anda memeluk Islam, kewajiban saya hanyalah mengajak, menyampaikan pesan yang benar kepada sesama manusia.

Untuk sekarang ini membahas ini itu, berdebat kesana kemari tidaklah terlalu penting. Yang paling penting adalah bertindak, lakukan. Islam adalah agama tindakan, meski begitu agama Islam bukanlah agama yang memberatkan. Bukan sesuatu yang sulit dilakukan, meski pada awalnya terkesan menyusahkan tapi jika sudah dilaksanakan, dilakoni, makin kesini akan makin terasa ringan. Seperti orang yang malas ke gym, setelah datang ke gym dan berolahraga badan akhirnya badan terasa ringan. Atau seperti orang yang malas minum jamu, akhirnya setelah minum jamu badan terasa enteng. Kurang lebih seperti itulah perumpamaannya.

Agama yang Benar

Percayalah saudaraku, apa yang saya katakan ini sesungguhnya ialah sebuah kebenaran. Akan engkau rasakan perubahan yang besar dalam hidupmu setelah memeluk agama yang benar, menyembah Tuhan Yang Maha Benar. Karena sesungguhnya kasih sayang yang kita peroleh selama ini adalah kasih sayang-Nya. Meski kita mengingkari-Nya, meski kita durhaka kepada-Nya. Kita begini aja masih mendapat kasih sayang, apalagi kita menyembah dan ta’at kepada-Nya, coba bayangkan wahai saudaraku. Cinta sejati hanyalah milik Allah, cinta yang murni hanya berasal dari sang Pencipta yaitu Allah.

Maaf, menyembah sesuatu selain Allah adalah kebodohan yang sangat merugikan, perbuatan yang sia-sia, karena apa – apa yang disembah itu tidak memiliki apa-apa, tidak tahu apa-apa, yang ada hanyalah tipu daya syetan. Syetan membuat berhala-berhala itu seolah-olah nyata dan hidup, padahal sesungguhnya mati dan semu. Sesuatu yang sederhana sebenarnya seperti tukang sulap yang sedang menjalankan perannya. Hanya bedanya syetan tak terlihat sedangkan tukang sulap jelas didepan mata. Sekali lagi saya katakan, tugas saya hanyalah menyampaikan pesan, soal anda mau atau tidak menerima pesan ini merupakan hal yang berada diluar kekuasaan saya. Saya hanya bisa mendo’akan semoga saudaraku mendapat hidayah, dan segera memeluk agama yang benar, yakni Islam.

  1. Islam KTP

Islam KTP adalah istilah halus dari 4 golongan Islam berikut : Fasik, munafik, musyrik, dan murtad. Sedangkan Islam yang benar / lurus masuk kedalam 3 golongan Islam berikut : Muslim, mukmin, muhsin. Jika kita merasa bahwa Islam kita adalah Islam KTP maka kemungkinan besar kita termasuk dalam salah satu, dua, dan seterusnya ke empat golongan diatas. Fasik artinya orang yang beragama Islam tapi meninggalkan kewajibannya sebagai muslim/ pemeluk agama Islam, menjadikan perbuatan haram kebiasaan sehari-hari. Munafik artinya orang yang beragama Islam tapi hatinya tidak mengimani / tidak percaya bahwa hanyalah Allah tempat menyembah dan hanya kepada-Nya tempat meminta pertolongan. Musyrik artinya orang yang beragama Islam tapi dia menyekutukan Allah, percaya adanya wujud Tuhan selain Allah. Murtad artinya orang yang sudah tidak lagi beragama Islam, dia keluar dari Islam. Islam artinya apa ?

Orang yang beragama Islam bukanlah sebuah jaminan akan meraih kebahagiaan dunia akhirat, termasuk saya yang memang masih termasuk kedalam 4 golongan, semoga Allah membukakan pintu hidayah dan memudahkan saya menuju jalan-Nya sehingga saya termasuk kedalam 3 golongan. Menjadi muslim saja sudah menjadi anugrah yang luar biasa. Do’a ini juga saya tujukan kepada saudara-saudara saya seagama yang masih merasa dirinya Islam KTP seperti saya.

Orang yang beragama islam tapi tidak menjalankan agama Islam itu dengan benar, tidak memenuhi kewajibannya sebagai pemeluk agama Islam, sebagai hamba Allah yang wajib melaksanakan perintah dan menjauhi larangan-Nya. Orang Islam seperti ini bisa diibaratkan seperti orang yang ditangannya ada intan permata tapi dia tidak tahu cara memperlakukannya, dia tidak tahu cara menggunakannya, dia tidak tahu apa faedahnya. Jadi boleh dibilang percuma saja. Padahal Islam lebih berharga dari intan permata, Islam adalah solusi dari seluruh asfek kehidupan kita. Agama Islam adalah kunci kebahagiaan dunia dan akhirat bagi yang mau menjalankannya. Bagi orang yang beriman dan beramal soleh. Karena Islam artinya selamat.

Alhamdulillah

Alhamdulillah, Puji syukur saya panjatkan kepada Allah subhana wa ta’ala, yang telah memberikan ruang dan waktu kepada saya hingga akhirnya mampu menyelesaikan tulisan berjudul Islam artinya apa ? ini. Terima kasih kepada pembaca yang telah menyisihkan beberapa menit waktunya hanya untuk tulisan biasa ini, semoga bermanfaat untuk kita semua dan semoga kita bertemu lagi pada tulisan biasa berikutnya.

Wassalam

Zahira

Artikel yang berkaitan dengan tema “Islam artinya apa ?” :

Islam

Pengertian Islam Menurut Al-Qur’an

Apa Arti Islam ?

Apa Itu Islam ?

Makna Islam

One thought on “Islam Artinya Apa ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *