Penghambat Rezeki Dalam Islam

Kita semua tahu bahwa rezeki setiap manusia itu sudah diatur oleh Allah Subhana wa ta’ala. Namun adakalanya rezeki kita terhambat oleh sesuatu atau beberapa hal. Hal apa sajakah yang menjadi penghambat rezeki dalam islam ? mari kita bahas satu persatu.

Ada 5 Perkara yang menjadi Penghambat Rezeki dalam Islam

Kita merasa sudah bekerja keras dan sungguh sepanjang hari mencari rezeki yang halal demi anak istri tercinta. Tapi disaat yang sama kita merasa hasilnya masih jauh yang diharapkan. Tak jarang kira merasa ada saja hambatan-hambatan dalam proses mencari rezeki tersebut. Dan kadang merasa sangat lelah dan bahkan putus asa. Intropeksi diri adalah jawabannya. Mungkin 5 faktor dibawah ini menjadi penyebab rezeki kita terhalang. Inilah 5 hal penghambat rezeki dalam Islam :

penghambat rezeki dalam islam

Baca juga :

KATA MUTIARA ISLAM PENYEJUK HATI MOTIVASI NASEHAT DLL

HILANGNYA RASA TAWAKKAL KEPADA ALLAH

Ketika ALLAH menguji kita dengan limpahan rezeki kita merasa bangga hati. Kita merasa ini semua semata-mata hasil kerja keras kita selama ini. Suka berbangga diri, ada rasa sombong yang muncul samar-samar dalam diri kita. Kita merasa hebat karena kita merasa kesuksesan yang kita raih saat ini adalah atas kerja keras diri pribadi tanpa ada sangkut pautnya dengan apa dan siapapun. Lupa bahwa apa yang kita raih selama ini hanyalah atas kemurahan Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyantun.

Akan ada masa dimana Allah mencabut Rahmat-Nya dari diri kita karena kesalahan kita sendiri. Karena kita telah melupakan-Nya, Dia yang seharusnya tempat kita bersyukur karena sebab Dia kita mendapatkan segalanya. Bila rezeki sudah tertahan, yang tersisa hanyalah penyesalan dan kegalauan. Bimbang yang mengawangsana dan perih yang mengawangsini, disini, disini, disini, karena disana……. kadang kita merasa sedih.

DOSA YANG TERLALU BANYAK

Seorang syekh kenamaan pernah mengatakan : Penghalang rezeki adalah dosa yang bertumpuk-tumpuk hingga terlalu banyak, dan pembuka pintu rezeki ialah dengan bartaubat. Dosa yang menumpuk bisa menutup hati membuat hati menjadi keruh. Dosa yang kelewat banyak juga bisa membuat do’a tidak sampai, bagaimana mau terkabul ? sampai aja enggak.

Ketika kita merasa usaha kita sering gagal bahkan merugi, karir jalan ditempat, jualan sepi atau banyak pengujung tapi CLBK (Cerita Lama Beli Kagak). Jawabannya adalah intropeksi diri.

Mungkin selama ini kita sering meninggalkan kewajiban, jahat sama tetangga, tidak perduli dengan kesusahan orang lain. Atau sering baik secara sadar atau tidak kita sering menganiaya orang lain, merasa diri lebih hebat dari orang lain. Sudah terlalu banyak dosa yang kita lakukan. Jika demikian maka, bertaubatlah, mudah-mudahan Allah Yang Maha Menerima taubat dan Maha Pengampun memberikan hidayah kepada kita dan membukakan kembali pintu rezeki yang sempat tertutup aamiin.

MENCARI NAFKAH SAMBIL BERMAKSIAT

Dalam perjalanan kita mencari nafkah untuk keluarga, tanpa kita sadari sering kita di uji oleh Allah terutama dalam hal kejujuran. Dalam usaha dan pekerjaan yang kita jalani sering dihadapkan pada sesuatu yang bersifat menguji. Contoh nyata yang sering kita temui adalah dalam perebutan tender. Biasanya yang berpeluang mendapatkan tender proyek ialah orang yang paling banyak memberi uang atau orang yang paling tebal amplopnya bukan begitu ?

Maka terjadilah sogok menyogok. Orang yang menyogok dan yang menerima sogokan dua-duanya mendapat ganjaran dosa. Pengalaman saya pribadi sebagai pedagang sering dimintai nota kosong oleh pembeli entah untuk apa. Kadang pembeli meminta saya untuk menaikkan harga barang misanya pulpen seharga Rp. 2500 oleh pembeli minta ditulis Rp. 4000 misalnya. Jujur ini adalah dilema yang sangat sukar saya lawan atau dihindari pada jaman sekarang ini. Semoga Allah mengampuni dosa-dosa saya aamiin.

TERLALU MENCINTAI PEKERJAAN HINGGA MELUPAKAN ALLAH

Terlalu sibuk dengan pekerjaan dan menyepelekan kewajiban kepada ALLAH. Suka menunda-nunda sholat padahal pekerjaan tidaklah terlalu sibuk bahkan sedang santai. Ini sering terjadi pada kita terutama disaat iman kita sedang terjun bebas alias turun kebawah (Kalo turun pasti kebawah ya ?).

Sebenarnya kalau dipikir-pikir yang rugi kita sendiri ya. Kita capek banting tulang seharian, kepala pusing ditekan sama atasan, jualan jauh dari target karena memang Allah sedang menahan rezeki kita karena kita lupa kepada-NYA. Yang kita dapat hanya capeknya saja dan capek di hati juga.

TIDAK MAU BERSEDEKAH

Bersedekah memang bukan sesuatu yang diwajibkan bagi umat Islam kalo zakat wajib. Namun demikian bersedekah cenderung mendatangkan keajaiban (Berdasarkan pengalaman pribadi). Tapi jujur sedekah ini sering kali berbanding lurus dengan iman, maksudnya sangat menguji keyakinan. Contohnya saya, meski sudah pernah mengalami keajaiban sedekah tapi karena iman saya rendah jadi sedekahnya paling puluhan – belasan ribu rupiah itupun cuma seminggu sekali.

Selain sebagai pelancar rezeki, sedekah juga berguna untuk mempercepat terkabulnya do’a itu tadi yang saya maksud dengan keajaiban. Juga bisa sebagai penolak bala.

Sedekah itu berat tapi ganjarannya nikmat

Tulisan berjudul “Penghambat Rezeki dalam Islam” ini merupakan hasil tulis ulang yang saya ambil dari akun facebook Ktm Muhammad, terima kasih saya ucapkan kepada beliau.

Demikian tulisan ini semoga bermanfaat bagi diri saya pribadi dan juga bagi para pembaca yang baik. Jika ada yang kurang berkenan mohon dimaafkan dan jika ada kekurangan dan kesalahan mohon dikoreksi. Terima kasih

Wassalam

Artikel terkait :

Ustadz Yusuf Mansur: 10 Dosa Besar Ini Menghambat Rezeki Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *